Selasa, 12 Juni 2018

Tips Menjemur Bayi dengan Benar di Waktu Pagi Hari

Cahaya matahari di pagi hari dari mulai terbit hingga jam delapan pagi memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Hal ini yang membuat Anda sebaiknya menjemur bayi waktu pagi hari. Vitamin D sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Berikut tips menjemur bayi yang benar di waktu pagi hari.

1. Waktu Menjemur Bayi
Bayi yang dijemur di pagi hari dengan rentang waktu jam tujuh hingga delapan hanya selama lebih kurang 15 menit. Bayi dapat Anda jemur setelah menyusuinya agar bayi tidak rewel selama dijemur.

Menjemur bayi juga sebaiknya dilakukan sebelum Anda memandikannya sehingga setelah dijemur bayi dapat dibersihkan. Jangan lupa untuk mendinginkan badannya terlebih dahulu setelah dijemur sebelum memandikannya. Bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman dengan Anda memandikannya menggunakan air yang hangat.

2. Jemur Bayi dengan Telanjang
Cara menjemur bayi yang benar adalah tanpa menggunakan baju cukup hanya dengan menggunakan popok atau celana. Agar cahaya matahari yang mengandung vitamin D dapat mengenai bagian dada dan punggung bayi. Tujuan terkenanya bagian ini dengan cahaya matahari pagi untuk membantu melonggarkan saluran pernapasan pada bayi Anda.

3. Bolak-balikkan Tubuh Bayi Anda
Saat menjemur bayi Anda tidak hanya mengenai bagian depan tubuhnya saja. Agar matahari dapat mengena secara merata pada tubuh bayi, maka Anda perlu membolak-balikan tubuhnya. Anda dapat melakukannya dengan waktu yang berselang 5 menit untuk setiap sisi. Pastikan posisi Anda saat memegang bayi tetap membuatnya merasa nyaman.

4. Menjemur Sesuai Kondisi
Jika cuaca dalam keadaan berangin atau bayi Anda dalam keadaan yang kurang sehat. Anda bisa menjemurnya di balik kaca rumah yang tembus cahaya matahari agar bayi Anda tetap mendapatkan hangatnya cahaya matahari pagi. Namun hindari penjemuran bayi jika bayi Anda mengalami masalah kulit yang sensitif. Masalah kulit yang dialami seperti kemerahan, ruam pada kulit, gatal-gatal.

5. Usia Bayi yang Dijemur
Bayi yang dijemur tidak dibatasi dari usia yang dimilikinya karena penjemuran dalam usia berapa pun akan mendukung pertumbuhan bayi. Namun setiap jenjang usia bayi akan memiliki manfaat spesifik yang berbeda kala dijemur. Bayi yang dijemur pada usia kurang dari 1 minggu berguna untuk menurunkan kadar bilirubin dalam darah yang berlebihan. Tujuannya agar bayi tidak mengalami penyakit kuning.

Anda bisa mendapatkan vitamin D pada bayi dengan memberikan susu formula yang sebaiknya diberikan setelah selesai ASI eksklusif. Saat masih dalam pemberian ASI eksklusif pemberian vitamin D didapatkan dari ASI yang Anda berikan. Susu formula untuk bayi bisa Anda dapatkan dengan harga spesial lebaran sale 2018 di toko online orami.com yang terpercaya.
Load disqus comments

0 komentar