Minggu, 19 Agustus 2018

Rahasia Masakan Gurih dengan Kaldu Bubuk Non MSG

Semakin hari semakin banyak masyarakat yang mulai beralih ke hidup sehat. Ada yang melakukan diet, pola makan sehat, hingga mulai mengganti penyedap makanan dengan kaldu bubuk non msg. Meskipun menggunakan kaldu tanpa MSG, ternyata masakan masih terasa gurih dan enak.
kaldu bubuk non msg

Kenapa Tanpa MSG?
Monosodium glutamate (MSG) merupakan garam yang meliputi sodium/natrium (Na) dan glutamate sebagai bahan penyedap rasa masakan. MSG biasanya digunakan sebagai penguat cita rasa dan membuat masakan gurih. Beberapa orang sudah tidak bisa lepas dari MSG.

Namun, penggunaan MSG yang berlebihan memberikan efek yang cukup berat. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat penggunaan MSG dalam jangka panjang seperti kegemukan, gangguan otak, kerusakan hati, dan penyakit lainnya.

Kaldu Pengganti MSG
Banyak varian kaldu alternatif yang bis digunakan untuk menggantikan MSG. Kaldu dibuat dari rebusan sapi, ayam, udang, ikan, atau jamur. Selain itu, biasanya ditambahkan sayuran agar rasa semakin gurih. Ada beberapa orang yang menambahkan rempah seperti bawang putih, bawang bombay, jahe, dan daun salam. Inilah beberapa jenis kaldu yang bisa dibuat sendiri.

Kaldu Ayam
Kaldu ayam sangat umum digunakan untuk masakan. Ayam sangat mudah didapatkan, misal di supermarket dan pasar, bahkan ada pedagang keliling menjual ayam. Biasanya kaldu tidak hanya dari daging ayam tetapi juga tulangnya.

Kaldu Sapi
Sama dengan kaldu ayam, kaldu yang terbuat dari sapi juga akan membuat masakan menjadi gurih. Pembuatannya juga dari tulang yang direbus. Kaldu ini biasanya dipakai untuk bakso, sop, atau soto.

Kaldu Udang
Selain digunakan untuk masakan, udang ternyata juga bisa dibuat menjadi kaldu. Penikmat masakan dari udang ini dipilih karena juga proteinnya yang tinggi. Kaldu ini biasanya digunakan untuk kuah tomyam atau tekwan.

Kaldu Ikan
Pilihan lainnya, kaldu bisa dibuat dari ikan. Bagian tubuh ikan yang bisa dijadikan kaldu yaitu bagian kepala dan dagingnya. Kaldu ini bisa digunakan untuk memasak sop ikan, olahan seafood, dan masakan lainnya.

Kaldu Jamur
Kaldu yang berasal dari jamur ini sangat familiar di masyarakat. Jamur yang biasa dipakai yaitu jamur kancing, shitake, jamur champignon, atau jamur merang. Anda juga bisa menggunakan jamur kering jika tak ada jamur yang segar.

Bawang Putih
Bawang putih sudah populer sebagai bahan penambah cita rasa masakan. Hampir semua masakan ditambahkan bawang putih. Anda pun jangan ragu untuk memakai bawang putih sebagai pengganti kaldu. Bahkan banyak orang menambahkan dalam soto atau sop ayam.

Manfaat Kaldu Bubuk Non MSG
Kaldu bubuk non MSG ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Kaldu ini sangat baik untuk kesehatan Anda meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Berikut beberapa manfaat kaldu non MSG:
  • Bisa untuk campuran MPASI bayi usia 9 tahun
  • Dapat membuat masakan lebih lezat dan gurih sekaligus aman Meningkatkan kualitas hidup dan tidak lagi mengonsumsi vetsin
  • Dapat membantu permasalahan anak-anak seperti penderita autis agar bisa makan masakan lezat
  • Tidak hanya untuk masakan harian tapi juga digunakan untuk keripik atau snack lainnya
  • Dapat membantu penderita tekanan darah tinggi untuk tetap menikmati rasa masakan

Kaldu bubuk non MSG bisa menjadi alternatif agar tidak lagi konsumsi vetsin. Jika Anda tidak sempat membuat kaldu bubuk homemade, Anda bisa membeli kaldu non MSG yang sudah jadi. Saya biasanya membeli di Lemonilo. Kaldu ini juga sangat cocok bagi vegetarian karena free gluten dan halal.
Load disqus comments

0 komentar