Minggu, 19 Agustus 2018

Jangan Khawatir! Inilah Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Apakah bayi Anda pernah mengalami cegukan dan membuat khawatir? Penyebab cegukan biasanya karena menangis, disusui, atau sedang marah. Jangan khawatir, berikut cara menghilangkan cegukan pada bayi yang harus Anda coba.
cara menghilangkan cegukan pada bayi

Berhentilah Dulu Memberikan ASI
Cegukan yaitu saat bayi memasukkan udara terlalu banyak ke dalam mulut dan menyebabkan udara tersebut masuk ke diafragma bayi. Jika saat itu bayi sedang menyusu maka hentikan. Agar cegukan bisa berhenti, salah satu caranya yaitu berhenti memberikan ASI pada bayi atau susu formula dengan dot.

Cara ini diyakini sebagai cara menghilangkan cegukan pada bayi yang ampuh dan bisa mengeluarkan udara dari dalam perut bayi. Anda harus berhati-hati agar bayi tidak menangis saat diberikan jeda tidak minum susu secara tiba-tiba. Lakukan dengan kelembutan agar bayi tidak rewel.

Mengusap Punggung dengan Lembut
Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu mengusap punggung bayi dengan perlahan. Tujuannya agar membuat bayi merasa nyaman. Tekanan yang sedikit berat pada punggung juga bisa membantu banyaknya udara yang masuk dalam diafragma bayi keluar.

 Saat Anda melakukan hal ini biasanya bayi bisa sendawa sehingga cegukan bisa cepat hilang. Namun sebaiknya langkah ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan tidak memukul bagian punggung bayi secara kasar. Ingat, bayi masih sensitif dan belum terlalu kuat. Anda hanya boleh menekan secara lembut punggung bayi.

Coba Berikan Minum
Ketika bayi mulai tenang tapi masih cegukan, Anda bisa melakukan cara ketiga untuk menghilangkan cegukan tersebut. Penyebab cegukan biasanya juga saat bayi haus dan di bagian kerongkongan bayi kering.

Berikan minum pada bayi, baik ASI atau susu formula. Lakukan dengan hati-hati dan perhatikan agar bayi minum ASI tidak tergesa-gesa agar tidak tersedak. Anda juga bisa memberikan minum langsung dari pipet khusus untuk bayi.

Tegakkan Tubuh Bayi Sebentar
Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan pada bayi yaitu menegakkan tubuh bayi sebentar. Anda bisa menegakkan sedikit bayi dan sandarkan pada tubuh Anda. Buat bayi Anda merasa nyaman dengan posisi tersebut. Selain itu, Anda bisa mengusap lembut punggung bayi.

Kepala bayi bisa juga disandarkan pada bahu Anda. Hal ini bisa menghilangkan cegukan bayi berhenti dengan sendirinya. Namun, cara ini hanya bisa Anda lakukan untuk bayi yang umurnya tidak terlalu kecil. Jangan melakukan cara ini pada bayi yang baru lahir.

Menunggu Cegukan Berhenti Sendiri
Pada bayi dan pengalaman tertentu, cegukan pada bayi bisa berhenti sendiri. Kasus ini sering terjadi hanya pada bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir cenderung memiliki organ tubuh belum sempurna.

Tugas Anda hanya membuatnya merasa lebih tenang dan nyaman. Anda juga bisa mengajaknya berkomunikasi agar bayi tidak terbebani dengan cegukannya. Saat bayi membuka mulut biasanya bisa menyembuhkan celupkan tersebut.

Pijat Lembut Bagian Alis Bayi
Cegukan pada Bayi juga bisa dihentikan dengan cara melakukan pijatan lembut pada alis bayi. Cara ini biasanya digunakan untuk pernapasan bayi lebih lancar. Pijatan tersebut akan membuat sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi bayi. Setelah bayi merasa tenang biasanya cegukan akan hilang. Anda tidak boleh terlalu keras melakukan tekanan karena saraf bayi masih sensitif.

Sebagai seorang ibu, Anda harus memiliki cara menghilangkan cegukan pada bayi yang tepat. Agar saat terjadi hal ini Anda bisa mengatasinya. Anda juga bisa membaca tips parenting penting lainnya di parentingclub.co.id. Jadilah ibu yang cerdas dari sekarang.
Load disqus comments

0 komentar