Kamis, 10 Mei 2018

Inilah Waktu Yang Baik Untuk Olah Raga Saat Bulan Puasa

Olahraga saat perut Kamu kosong serta haus bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan Anda. Ini bisa membikin Kamu merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, hingga menyebabkan dehidrasi. Olahraga berat saat puasa juga bisa menyebabkan kerusakan otot serta juga bisa menambah hormon stres (hormon kortisol) dalam tubuh. Jadi untuk mencegah faktor ini, Kamu wajib pintar-pintar mencari waktu yang cocok untuk berolahraga saat bulan puasa.

Terjadinya kehilangan cairan tubuh (dehidrasi), adalah bahaya yang tidak boleh terjadi. Kalau itu terjadi juga, alih-alih menyumbangkan kondisi bugar, apabila kehabisan cairan tubuh, bakal kurang baik akibat kesehatannya. Belum lagi kalau kadar gula darah ikut anjlok terpakai oleh energi olahraga yang berlebihan.

Tidak sedikit orang yang tetap meperbuat olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar pada bulan Ramadan. Tidak hanya itu, juga ada atlit yang tetap meperbuat latihan pada bulan Ramadan untuk persiapan kompetisi. Olahraga terbukti mengangkat pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar serta sehat.

Berapa lama waktu yang Kamu habiskan untuk berolahraga dalam satu hari? 90 menit, 60 menit, alias 30 menit? Memasuki bulan puasa, Kamu wajib terbuktikas waktu olahraga Kamu sehari-hari. Apabila biasanya Kamu berolahraga selagi 60 menit, saat sedang puasa Kamu lumayan berolahraga selagi 45 menit saja. Faktor ini diperbuat untuk menjaga tubuh supaya tidak terlalu letih.

Lalu, kapan waktu yang cocok untuk berolahraga pada bulan puasa?
Opsinya antara 1-2 jam sebelum buka puasa, langsung seusai berbuka tetapi hanya menyantap kolak alias segelas teh manis (tanpa makan besar) alias 2 jam seusai berbuka puasa dengan makan besar. Butuh diingatkan bahwa tidak dianjurkan untuk tidak berolahraga di pagi hari sebab kami tidak bisa minum seusainya. Tidak dianjurkan pula untuk berolahraga sebelum sahur sebab udara tetap penuh dengan CO2.

Pilih Olahraga yang Sesuai Performa
Trik olahraga waktu puasa selanjutnya adalah pilih tipe olahraga yang sesuai dengan performa Anda. Apabila biasanya Kamu tidak jarang mencoba olahraga-olahraga ekstrem yang belum sempat Kamu perbuat sebelumnya, hindari dulu kebiasaan tersebut. Perbuat saja olahraga yang telah biasa Kamu perbuat.
Load disqus comments

0 komentar